Kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPA di SD Negeri Cinangka 3 disebabkan oleh minimnya variasi dalam menggunakan media pembelajaran sehingga menyebabkan siswa tidak antusias dan kurang memahami materi dalam proses pembelajaran dan cenderung monoton dalam pembelajaran. Riset ini bertujuan untuk meningkatkan produk media flipbook digital untuk mata pelajaran IPA kelas V materi Ekosistem. Riset ini menggunakan metode Research and Development (R&D), mempunyai tahapan: 1) Analyse, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Cinangka 3. Pengumpulan informasi dilakukan dengan cara penilaian angket dari pakar media dan pakar materi juga angket responden dari partisipan pendidik. Hasil pengembangan produk merupakan media pendidikan flipbook digital pembelajaran IPA materi Ekosistem. Hasil riset validasi pakar media didapatkan persentase sebesar 80% dengan kategori layak, hasil penilaian pakar materi didapatkan persentase sebesar 90% dikategorikan sangat layak. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan oleh peserta didik rata-rata sebesar 85.12%, sehingga media tersebut dikategorikan sangat baik atau sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan dari perolehan penilaian bahwa media flipbook digital pada bidang IPA materi Ekosistem kelas V sangat layak diaplikasikan untuk dijadikan sarana sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2022