Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 1 No. 3 (2018): October

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 SISWA KELAS 5 SDN SALATIGA 10 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ayu siti nur hekmah (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar muatan IPA siswa kelas 5 SDN Salatiga 10 melalui penerapan model Problem Based Learning.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian proses aktivitas guru dan siswa,serta tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kondisi awal, hasil siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan model PBL dapat: a) meningkatkan proses aktivitas guru,pada kondisi awal 46,66%, meningkat menjadi 76,47% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,57% pada siklus II. b) meningkatkan proses aktivitas siswa, padakondisi awal 39,16%, meningkat menjadi 65,58% pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. c) meningkatkan hasil belajar muatan IPA Tema 8 Subtema 1. Hasil belajar pada kondisi awal persentase pencapaian KKM sebesar 15% (5 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 79% (26 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 90% (30 siswa) dari jumlah keseluruhan 33 siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...