Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 2 No. 1 (2019): April

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA

Siti Maria Ulfah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang)
M. Arief Budiman (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2019

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang  berjumlah 23 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah 1) wawancara (2) Dokumentasi (3) Petunjuk soal. (4) Intrumen penilaian. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors, dan analisis data akhir dengan uji T. Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji T diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,507>2,074 maka hipotesis dapat diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Role Playing efektif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang. Saran yang peneliti sampaikan yaitu agar Model Pembelajaran Role Playing dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam proses pemeblajaran terutama pada pembelajaran kemampuan berbicara siswa agar pembelajaran lebih aktif dan tidak membosankan. Kata Kunci : model pembelajaran Role Playing, kemampuan berbicara

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...