Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 2 No. 3 (2019): October

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Gusti Ayu Made Indah Setiawati (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I Made Citra Wibawa (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I Gusti Ngurah Japa (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Probing Prompting  berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA kelas V Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian post-test only control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian adalah SD No. 3 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen dan SD No. 2 Tukadmungga sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPA. Analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan bantuan SPSS 16. Hasilnya adalah thitung 3,79 lebih besar dari ttabel 2,024. Kemudian dari hasil analisis deskriptif didapat mean kelompok eksperimen lebih besar yaitu 83,9 sedangkan mean kelompok kontrol yaitu 67,6. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di Gugus XIV Kecamatan Buleleng.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...