Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 2 No. 3 (2019): October

ANALISIS PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN

Faizatul Khoridah (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang)
Dwi Prasetiyawati (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang)
Sunan Baedowi (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik masih ada yang belum bisa menulis huruf,kata dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki, 12 siswa perempuan dan guru kelas I sebagai Informan. Teknik pengumpulan data dari informan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam kemampuan menulis permulaan dengan menerapkan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dikemukakan bahwa 20 siswa dari 28 siswa yang sudah bisa menulis huruf, kata dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.Kata Kunci : Menulis Permulaan, Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...