Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 3 No. 1 (2020): April

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC BERBASIS MULTIMEDIA INTERACTIVE VIDEO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Ni Luh Indah Noviani (Jurusan Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I K. Ardana (Jurusan Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
MG. Rini Kristiantari (Jurusan Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbasis Multimedia Interactive Video terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus II Kuta Badung Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap di Gugus II Kuta Badung berjumlah 239 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel ditetapkan dengan cara random sampling dan didapatkan sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD No. 1 Seminyak berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD No. 2 Seminyak berjumlah 35 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal yang sudah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh  = 4,335 dan  ( pada taraf signifikansi 5%) = 2,000 dengan dk = (32+35-2) = 65. Hal ini berarti  = 4,335 >  2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dilihat dari  rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 0,48, sedangkan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol = 0,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbasis Multimedia Interactive Video terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus II Kuta Badung Tahun Ajaran 2018/2019.Kata Kunci : Visualization Auditory Kinestetic, Multimedia Interactive Video, kompetensi pengetahuan IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...