Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 4 No. 2 (2021): July

Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Putri Rika Rani (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia)
Ani Lestari (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia)
Fadzilatul Mutmainah (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia)
Khardianti Alviani Ishak (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia)
Rika Delima (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia)
Pariang Sonang Siregar (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia)
Eni Marta (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep matematika, di mana pemahaman konsep matematika. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang didominasi oleh guru sehingga siswa terbiasa mendapatkan informasi atau pengetahuan terkait materi pelajaran tanpa melalui proses menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan desain eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test, post test, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan  perbedaan nilai antara Post-test dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai terendah pada kelas pres test yaitu 40, sedangkan nilai tertingginya yaitu 83.3. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata- rata dari kelas pres test yaitu 70. Nilai terendah pada kelas pres test yaitu 60, sedangkan nilai tertingginya yaitu 100. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata dari kelas pres test yaitu 83.3. Model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan menerapkan model PJBL ini hasil belajar siswa meningkat, dan siswa lebih mudah memahami konsep matematika dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...