Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 5 No. 1 (2022): April

Media Pembelajaran Kartun Animasi 2D Berorientasi Kontekstual Learning pada Mata Pelajaran Matematika

Sugitra, Komang (Unknown)
Wiarta, I Wayan (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika yakni tidak adanya media pembelajaran yang layak untuk digunakan. Guru belum mampu untuk membuat media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran video animasi berorientasi kontekstual learning pada muatan matematika operasi hitung siswa kelas II SD. Subjek penelitian terdiri dari 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain,1 ahli media dan hasil uji coba produk dari 12 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknis analisis data menggunakan analsis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penilaian ahli isi materi pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 91,66% dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli desain pembelajaran memperoleh hasil review yaitu 85%, ahli media pembelajaran memperoleh hasil review yaitu 91,66%, uji perorangan yaitu 91% dan uji kelompok kecil yaitu 91% dengan kualifikasi sangat baik. Maka, video kartun animasi berorientasi kontekstual learning muatan matematika operasi hitung bilangan cacah layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk membangun antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan video kartun animasi ini digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu dalam memahami materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...