YUME : Journal of Management
Vol 4, No 3 (2021)

Konstruksi Sosial Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Di Pelabuhan Kota Pare-Pare

Asmirah Asmirah (Unknown)
Nirwana Sampara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Abstrak Pemberdayaan pedagang asongan merupakan langkah nyata untuk mengembangkan potensi agar terwujud kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Diperlukan langkah nyata untuk dapat mengatasi resiko pekerjaan karena melakukan aktifitas di tempat yang rawan keselamatan kerja, pelecehan dan krimina. Fakta yang dijelaskan dalam tulisan tersebut merupakan konstruksi sosial pedagang kaki lima yang mencari nafkah di kota Parepare. Fokus analisis : alasan memilih Parepare sebagai tempat mencari nafkah, laki-laki dan perempuan dan upaya mewujudkan harapan ekonomi melalui narasi sosial. Lokasi penelitian di kota Parepare. Fokus penelitian adalah pedagang di pelabuhan Parepare. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling. Jumlah informan menurut cara snowball. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi partisipasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pedagang kaki lima memilih pelabuhan Parepare untuk mencari nafkah karena selalu ramaipengunjung sehingga ada kemungkinan memperoleh penghasilan lebih besar di banding ditempat lain; 2) Narasi hubungan sosial yang diharapkan mewujudkan tujuan ekonomi adalah kepantasan berperilaku, sopan berpenampilan, santun bertutur, jujur berdagang, mengedepankan keutuhan dan keselarasan, serta kerjasama menurut sistem bagi hasil; 3) Peraturan kerja yang mempertimbangkan kesetaraan gender supaya laki-laki dan perempuan diberi kesempatan yang sama berdagang di pelabuhan Parepare.Kata Kunci: Konstruksi sosial; pemberdayaan pedagang kaki lima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...