JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia)
Vol 3, No 2: Mei (2022)

Upaya Pengembangan UMKM Melalui Strategi Online marketing di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Tomy Rizky Izzalqurny (Unversitas Negeri Malang)
Faridah Puteri Permatasari (Universitas Negeri Malang)
Gracia Angelina Nawang Wulan (Universitas Negeri Malang)
Dania Anitsa (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Abstrak: Tim pengabdian Universitas Negeri Malang melakukan observasi pada Desa Duwet Krajan Kabupaten Malang dan ditemukan suatu fakta bahwa UMKM disana masih kurang memahami media sosial dan pemasaran digital. Dengan demikian maka pelaku usaha disana tidak berkembang, dengan demikian akan dilakukan sosialisasi terhadap kondisi tersebut. Tujuan kegiatan pengambdian ini adalah semakin memperluas pasar dari UMKM di desa Duwet Krajan. Metode pada pengabdian ini adalah penyuluhan  dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Balai Desa di Desa Duwet Krajan pada tanggal 23 November 2021 dengan peserta yaitu pelaku UMKM. Hasil dari pelaksanaan diperoleh bahwa pengaplikasian media sosial dan marketplace dalam pemasaran usaha memberikan manfaat, antara lain: memperluas jangkauan pasar usaha, mempermudah peningkatan penjualan, dapat melakukan analisa perkembangan bisnis, meminimalisir pengeluaran biaya untuk pemasaran, meningkatkan pendapatan usaha, usaha lebih kompetitif, dan teknik pemasaran yang lebih variatif, dengan demikian semakin banyak pemahaman yang didapatkan oleh pelaku UMKM, dan pengabdian ini akan dilanjutkan dengan pendampingan secara khusus.Abstract: The Malang State University service team made observations in Duwet Krajan Village, Malang Regency and found a fact that MSMEs there still did not understand social media and digital marketing. Thus, the business actors there will not develop, thus socialization will be carried out on these conditions. The purpose of this service activity is to further expand the market of MSMEs in Duwet Krajan village. The method in this service is counseling with stages, namely planning, implementation and evaluation. This activity was carried out at the Duwet Krajan Village Hall on November 23, 2021 with participants, namely MSME actors. The results of the implementation show that the application of social media and marketplaces in business marketing provides benefits, including: expanding the reach of the business market, facilitating increased sales, being able to analyze business developments, minimizing costs for marketing, increasing business income, making businesses more competitive, and technical more varied marketing, thus more understanding will be obtained by MSME actors, and this service will be continued with special assistance.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKMI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), dengan nomor ISSN 2721-026X (online), JPKMI Terdaftar di CrossRef system dengan Digital Object Identifier (DOI) prefix 10.36596/jpkmi adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh ICSE (Institute of Computer Science and Engineering). ...