Jurnal Adhikari
Vol. 1 No. 4 (2022): Jurnal Adhikari

ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL TWITTER RUANG GURU SEBAGAI ALTERNATIF SARANA PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF PENGGUNA AKTIF TWITTER RUANG GURU MELALUI #RUANGGURU

Aziz Reza Randisa (Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo, Serang, Banten)
Yoga Andriyan (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Papua Barat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Ruang Guru hadir untuk memberikan sarana pendidikan alternatif di Indonesia dalam bentuk pendidikan secara online melalui aplikasi interaktif yang dilakukan oleh guru dalam bentuk tutorial video dan animasi. Ruang Guru merupakan perseroan terbatas yaitu PT. Ruang Raya Indonesia yang bergerak dibidang pendidikan non formal yang berfokus pada pada layanan berbasis pendidikan. Ruang Guru menjadi perusahaan terbesar di Indonesia yang berfokus dalam layanan berbasis pendidikan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahwa tweets yang penggunaan #ruangguru cenderung merespon positif dari adanya aplikasi pendidikan ruang guru tersebut, yang di karenakan adanya pembaharuan dalam metode pembelajaran yang diberikan oleh Ruang Guru. #ruangguru berisikan informasi sebagai alternatif pembelajaran dalam mendorong penyediaan sarana pendidikan di Indonesia. Ruang Guru mendapat respon yang baik dari pengguna twitter aktif yang mengikuti akun @ruangguru dalam menyediakan dan memperluas akses pendidikan berkualitas melalui teknologi yang tak terbatas tempat dan waktu. Kata Kunci : Media Sosial, Ruang Guru, Sarana Pendidikan, Twitter, #ruanggu

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

adhikari

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus Jurnal Adhikari aims to provide information on social, politic and government issues through publication of research based articles and critical analysis articles. Scope Jurnal Adhikari concerns on the following issues :  Civil Society Movement  Community Welfare  Community ...