Edukasia Islamika
Volume 4, Number 1 2019, Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam

Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Pada Pendidikan Tinggi dan Vokasi Melalui Pengembangan E-learning Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle

Toni Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Keragaman gaya belajar muncul ketika input pada pendidikan tinggi dan khususnya pendidikan vokasi berasal dari berbagai sumber, antara lain SMA (Sekolah Menengah Atas) atau MA (Madrasah Aliyah) dan dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) atau MAK (Madrasah Aliyah Kejuruan), sehingga mahasiswa mempunyai gaya belajar yang beragam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reseach and Development). Prosedur pengembangan yang peneliti lakukan meliputi: 1) melakukan analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan berdasarkan potensi dan masalah seputar media adpaptive hypermedia berbasis moodle, 2) melakukan studi literatur dan pengumpulan informasi melalui observasi, 3) membuat desain atau rancangan produk awal, 4) validasi ahli oleh ahli, 5) revisi desain produk, 6) melakukan rancang bangun media, 7) melakukan uji coba fungsional 8) revisi produk tahap pertama, 9) uji coba pengguna atau ujicoba pemakaian media, 10) revisi produk tahap kedua, dan 11) implementasi produk akhir. Target luaran dari penelitian ini ialah sebuah e-learning adaptive hypermedia berbasis moodle yang layak digunakan pada pendidikan vokasi khususnya pada jenjang perguruan tinggi. Hasil dari penelitian ini berupa e-learning adaptive hypermedia yang dapat diakses melalui link http://www.evodu.net/. Media tersebut berbasis moodle dan dapat diakses dengan jaringan internet. E-learning adaptive hypermedia dirancang khsusus untuk mahasiswa pada pendidikan tinggi dan vokasi dengan gaya belajar yang beragam karena latar belakang yang berbeda

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukasiaislamika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasia Islamika (JEI) ISSN Print: 2548-723X; Online: 2548-5822 (Berdasarkan SK No. 0005.25485822/JI.3.1/SK.ISSN/2016.12 - 13 Desember 2016) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Jurnal ini berisi kajian tentang isu-isu aktual ...