Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 64/I Muara Bulian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga memiliki peran penting dalam hasil belajar. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut siswa dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022