Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Fakta Pada Muatan IPS Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar

Nurul Hikmah (Universitas Jambi)
Ria Puspita Sari (Universitas Jambi)
Syahrial Syahrial (Universitas Jambi)
Silvina Noviyanti (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
19 May 2022

Abstract

Pada kurikulum 2013 materi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) dikemas dalam model pembelajaran tematik terpadu. Meskipun materi dan proses pembelajaran dilakukan secara tematik terpadu, namun materi yang diajarkan tidak boleh terlepas dari konsep materi dari masing-masing muatan. Adapun materi tersebut telah tertuang pada buku siswa. Sedangkan proses pembelajaran terdapat pada buku guru. Materi dan proses pembelajaran adalah hal yang krusial dalam pendidikan, sehingga perlu dilakukan analisis konsep materi pada buku siswa dan pelaksanaan pembelajaran. Adapun analisis pelaksanaan pembelajaran dilakukan di kelas IV SDN 186/I Sridadi. Tujuan analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan kajian fakta pada muatan IPS dalam buku siswa tema Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar, dan 2) mendeskripsikan kajian fakta pada muatan IPS selama pembelajaran Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan dan angket respon guru. Pengamatan digunakan untuk mendeskripsikan kajian fakta muatan IPS pada buku siswa kelas IV tema Indahnya Keragaman Negeriku. Sedangkan angket respon guru digunakan untuk mengetahui kajian fakta terkait muatan IPS yang diajarkan guru kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kajian fakta pada Sub Tema satu materi suku bangsa dan bahasa daerah telah dilaksanakan dengan baik; pembelajaran kajian fakta pada Sub Tema 2 materi keragaman rumah adat dan pakaian adat di Indonesia telah dilaksanakan dengan baik; pembelajaran kajian fakta pada Sub Tema tiga materi aktivitas ekonomi yang dilakukan masyarakat telah dilaksanakan dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...