Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Keterampilan Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran IPA Kelas V SDN 13/I Muara Bulian

Irsyad Maulana (Universitas Jambi)
Leoni Putri Metriani (Universitas Jambi)
Silvi Ouralita (Universitas Jambi)
Syahrial Syahrial (Universitas Jambi)
Silvina Noviyanti (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Pemanfaatan media dalam pembelajaran sangat membantu untuk mengatasi hambatan tersebut. Media mampu menyajikan konsep secara utuh dan benar, khususnya pada materi pembelajaran IPA. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran IPA diharapkan akan mempengaruhi kelancaran proses mengajar. Penggunaan media yang tepat dapat mengefektifkan dan memudahkan proses pembelajaran. Media dapat mempermudah proses belajar siswa sehingga lebih cepat memahami materi yang dijelaskan dan dapat memaksimalkan hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V SDN13/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas V SDN 13/I Muara Bulian.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitimaka dapat dijelaskan bahwa guru terampil dalam menggunakan media pembelajaran seperti media E-pen Elektronik, kartu, VCD dengan menggunakan bantuan leptop dan juga buku dan papan tulis, dan beliau dapat menggunakanya dengan baik dan benar, serta dapat difahami oleh siswa.Jadi media inilah yang dipakai pada materi pembelajaran IPA, karena untuk media seperti buku dan papan tulis sudah tersedia di dalam kelas, dan siswa memiliki buku pelajaran IPA, sedangkan untuk media seperti kartu, E-pen Elektronik, dan VCD. Mudah untuk dibawa kedalam kelas. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan di Bab IV, peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan gurudalam memanfaatkan media pembelajaran IPA kelas V SDN13/I Muara Buliansudah mampu dan terampil dalam menggunakan beberapa media pembelajaran yang tersedia. Akan tetapi untuk penggunaan media seperti televisi dan VCD player tidak pernah digunakan, hal ini bukan hanya dikarenakan kekurangmampuan guru dalam mengopersikannya tetapi juga karena tidak lengkapnya software yang dibutuhkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...