HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2022): Histogram

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SMK PGRI 2 KEDIRI

Cindivia Putri Bayu (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Dian Devita Yohanie (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Aprilia Dwi Handayani (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian bertujuan melihat pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian eksperimen semu dengan jenis Pretest – Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian pada tahun ajaran 2020/2021 adalah seluruh siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, kelompok eksperimen dengan 25 siswa di kelas X AKL 1 dan kelompok kontrol dengan 25 siswa di kelas X AKL 3. Pretest, posttest dan kuesioner minat digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai ????ℎ???????????????????? dan ???????????????????????? pada taraf signifikan 5%. Nilai ????ℎ???????????????????? = 2,918 sedangkan nilai ???????????????????????? = 1,677, menunjukkan ????ℎ???????????????????? > ????????????????????????, sehingga ???????? diterima dan ???????? ditolak. Hal ini menyatakan bahwa penggunaan modul pembelajaran berpengaruh terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...