Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang meneliti tentang pembelajaran problem posing dalam upaya meningkatkan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa yang dilakukan di SMA Negeri 15 Medan dengan sampel kelas X sebanyak dua kelas diambil secara acak (random). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematik siswa berbentuk pilihan berganda untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan lembar angket percaya diri siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa baik kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa percaya diri siswa, maupun gabungan keduanya yang memperoleh pembelajaran problem posing terjadi peningkatan yang lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa, maupun gabungan keduanya yang memperoleh pembelajaran konvensional. Aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran problem posing mencerminkan kegiatan yang aktif, dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran problem posing sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem posing efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan percaya diri siswa dan gabungan keduanya serta aktivitas belajar siswa.
Copyrights © 2022