Journal of Biology Education
Vol 1, No 2 (2018): Journal Of Biology Education

Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa dan Guru SMA Se-Kota Salatiga

sulasfiana alfiraida (IAIN KUDUS)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi materi Biologi SMA Kelas XI semester gasal yang dipandang sulit menurut siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Data dikumpulkan melalui angket yang melibatkan siswa SMA dengan populasi siswa SMA kelas XII jurusan IPA se-Kota Salatiga. Sampel penelitian diambil dengan teknik convenience sampling dan diperoleh siswa sebanyak satu kelas dari tiap sekolah. Responden lain dalam penelitian ini adalah guru. Responden tersebut merupakan guru yang mengampu mata pelajaran biologi kelas XI IPA di tiap sekolah. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif dengan hasil sebagai berikut. Materi yang dianggap paling sulit oleh siswa dan guru adalah sama yaitu materi sistem regulasi. Materi yang dianggap sulit oleh siswa dan guru juga sama, yaitu materi sistem pertahanan tubuh. Siswa menyatakan bahwa materi tersebut dipandang paling sulit/ sulit dikarenakan konsep sulit dipahami dan materinya terlalu banyak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa materi sistem regulasi dan materi sistem pertahanan tubuh tergolong materi biologi SMA kelas XI yang sulit.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Journal Of Biology Education (JOBE) has number of E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this ...