GENETIKA
Vol 1, No 1 (2017): Genetika

PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM REGULASI SMA

Sulasfiana Alfi Raida (STAIN KUDUS)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2018

Abstract

AbstrakPenelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar pada materi sistem regulasi. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk pre-test post-test non-equivalent control group design dan menggunakan pre experimental design dengan model one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas MIA semester IV dengan sampel diperoleh 112 siswa pada empat kelas di SMA Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2014/2015. Kelas MIA 2.4 dan MIA 5.4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas MIA 3.4 dan MIA 4.4 sebagai kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes akhir (hasil belajar pengetahuan). Data dianalisis dengan analisis dengan uji t-test. Hasil penelitian antara lain: ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pengetahuan (tes akhir) antara pembelajaran guided discovery dengan pembelajaran model direct instruction dan rata-rata skor tes akhir (hasil belajar pengetahuan) siswa ≥2,67. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guided discovery efektif menuntaskan hasil belajar pada materi sistem regulasi. Kata Kunci: Guided Discovery, Hasil Belajar Pengetahuan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Genetika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

The focus of the Journal of Genetika is to provide the latest scientific articles based on research of biological education and biological sciences. It also receives conceptual analysis articles of book reviews and biology education ...