cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
GENETIKA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
The focus of the Journal of Genetika is to provide the latest scientific articles based on research of biological education and biological sciences. It also receives conceptual analysis articles of book reviews and biology education theory.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM REGULASI SMA Raida, Sulasfiana Alfi
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar pada materi sistem regulasi. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk pre-test post-test non-equivalent control group design dan menggunakan pre experimental design dengan model one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas MIA semester IV dengan sampel diperoleh 112 siswa pada empat kelas di SMA Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2014/2015. Kelas MIA 2.4 dan MIA 5.4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas MIA 3.4 dan MIA 4.4 sebagai kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes akhir (hasil belajar pengetahuan). Data dianalisis dengan analisis dengan uji t-test. Hasil penelitian antara lain: ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pengetahuan (tes akhir) antara pembelajaran guided discovery dengan pembelajaran model direct instruction dan rata-rata skor tes akhir (hasil belajar pengetahuan) siswa ≥2,67. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guided discovery efektif menuntaskan hasil belajar pada materi sistem regulasi. Kata Kunci: Guided Discovery, Hasil Belajar Pengetahuan
MENGEMBANGAN BAHAN AJAR KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA BERMUATAN SCIENCE-TECHNOLOGY-SOCIETY- ENVIRONMENT (STSE) Riswakhyuningsih, Tri
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakProses pembelajaran IPA menekankan pada pembelajaran antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat atau science, technology, society, environment (STSE) secara terpadu. STSE mengacu pada hubungan khusus antara ilmu pengetahuan (science), teknologi (technology), masyarakat (society) dan lingkungan (environment). Pendidikan STSE membuat ilmu pengetahuan lebih relevan, mendorong pemecahan masalah, mendorong berpikir kritis dan kemandirian intelektual, dan meningkatkan kemampuan meneliti masalah sosial. Klasifikasi materi dan perubahannya adalah materi yang terkait dengan technology, society, dan environment. Sehingga perlu dikembangkan bahan ajar yang mengaitkan antara klasifikasi materi dan perubahannya terhadap technology, society, dan environment. Rumusan masalah dalam artikel ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Subah Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah menggunakan pendekatan science-technology- society-environment (STSE). Tujuan telaah pustaka adalah tersusunnya bahan ajar klasifikasi materi dan perubahannya bermuatan STSE.Manfaat telaah pustaka adalah bahan ajar yang tersusun bisa digunakan dalam pembelajaran. STSE dapat dikembangkan dalam bahan ajar klasifikasi materi dan perubahannya. Integrasi STSE mengubah pandangan pembelajaran dari teaching (mengajar) ke learning (belajar), knowing (mengetahui) ke thinking (berpikir), lower-ordered skills teaching ke higher- ordered cognitive skills (HOCS), reductionist thinking ke evaluative thinking, disciplinary teaching (fisika, kimia, biologi, dll) ke interdisciplinary teaching, conceptual ke problem solving, teacher-centered ke student-centered, real- world, project/research.Kata Kunci: Bahan Ajar, Materi dan Perubahannya, STSE
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TSUNAMI MELALUI METODE DISKUSI INKUIRI DISERTAI PENERAPAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS X SMK ROUDLOTUS SAIDIYYAH Jalil, Muhamad
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi di kelas X TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan X  PS  (Perbankan Syari’ah) diperoleh  gambaran  bahwa  keaktifan  siswa  dalam mengikuti  pelajaran  kurang.  Bahkan ada yang tidur saat jam pelajaran. Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint pada siswa kelas X materi Tsunami di SMK Roudlotus Saidiyyah; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint pada siswa kelas X materi Tsunami di SMK Roudlotus Saidiyyah; dan (3) mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X  pada materi Tsunami di  SMK Roudlotus Saidiyyah, yaitu pada pra siklus 25% meningkat menjadi 71,90% pada siklus I (2)   Diskusi  inkuiri  disertai  penerapan  media  Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi Tsunami di SMK Roudlotus Saidiyyah, yaitu pada pra siklus rata-rata  hasil belajarnya  48,53  meningkat  menjadi  77,81 pada siklus I atau ≥ 65% (3) Respon siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi inkuiri disertai penerapan media Powerpoint positif. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Materi Tsunami, Media Powerpoint, Metode Diskusi Inkuiri
UPAYA PENGEMBANGAN EKOWISATA GUA PANCUR DALAM MENUMBUHKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA JIMBARAN KAYEN PATI Suparwi, Suparwi
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan gua pancur yang berada di Desa Jimbaran Kayen Pati memiliki nilai keindahan alam, budaya dan sejarah. Panorama Guapancur begitu alami serta  langka menjadikan gua pancur sangat menarik untuk di jadikan tempat tujuan refresing, jalan-jalan, dan hiburan. Sejak tahun 1995 wisata gua pancur telah di buka untuk umum, namun keberadaannya masih sebatas apa adanya. Baru sejak tahun 2014 mulai dilakukan pengembangan gua pancur untuk dijadikan objek wisata. Sejak pengembangan dilakukan wisatawan mulai berdatangan untuk mengunjungi objek wisata gua pancur yang sekarang sebagai andalan wisata kota Pati. Upaya pengembangan ekowisata merupakan salah satu bagian dari menjaga keaslian dan kelestarian gua pancur, hutan dan sumberdaya alam hayati yang berada di wilayah wisata. Dalam pengembangannya agar gua pancur selalu memelihara, melindungi, serta berkontribusi untuk selalu memperbaiki sumberdaya alam yang ada di sekitar serta pada pengembangannya melibatkan masyarakat untuk keputusan-keputusan strategis dan berdampak ekonomis. Pengembangan ekowisata gua pancur akan berpengaruh terhadap kondisi ekonomi warga sekitar jimbaran. Keberadaan wisatawan dimanfaatkan untuk berjualan makanan, minuman, membuka lahan parkir, jasa sewa mainan dan lain sebaginya. Kata kunci: Ekowisata, Gua Pancur, Ekonomi Warga
PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VII D SMPN 1 PECANGAAN JEPARA TAHUN 2016/2017 Mari’ah, Mari’ah
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPBL dengan peta konsep pada materi klasififikasi makhluk hidup dirancang membimbing peserta didik mendefinisikan masalah klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas fisik dan mental, respon dan tes hasil belajar IPA peserta didik kelas VII D di SMPN 1 Pecangaan Jepara pada konsep klasifikasi mahkluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VII D SMP Negeri 1 Pecangaan tahun pelajran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengambilan data aktifitas, hasil belajar dan respon peserta didik diambil pada siap pertemuan dari masing–masing siklus. Data dibandingkan antara siklus satu dan siklus dua. Analisa data pada siklus I terjadi peningkatan dari pertemuan pertama kepertemuan kedua yaitu hasil belajar pada postes sebesar 62 % ke 69%, analisa aktifitas sebesar 69 % ke 81%, Analisis pada siklus II terjadi peningkatan dari pertemuan pertama kepertemuan kedua yaitu hasil belajar postes peserta didik dari 68 % ke 75%, aktifitas sebesar 81% ke 86%. analisa respon peserta didik pada siklus I ke siklus II naik sebesar 77% ke 81% menunjukkan respon senang.. Analisis hasil ulangan harian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 74 ke 97%. Kata Kunci: Aktifitas, Hasil Belajar, PBL.
INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTREN Nuha, Ulin
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang integrasi ilmu yaitu Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Lingkungan. Hal ini sangatlah penting di ajarkan kepada santri dalam kegiatan pengajaran di Pondok Pesantren, sebagian orang menganggap bahwasannya ajaran agama tidak peduli terhadap lingkungan. Integrasi tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai dasar dalam menjaga lingkungan alam yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran. Dengan terjaganya lingkungan alam yang dilandasi oleh nilai-nilai agama dalam pendidikan lingkungan yang tertanam didalam jiwa peserta didik,diharapkan bisa memberikan pencerahan dan bisa mengurangi efek terjadinya kerusakan lingkungan dan pemanasan global yang di akibatkan perilaku manusia.Kata Kunci : Integrasi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Lingkungan
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Pada Materi Tumbuhan Biji Jamaludin, Didi Nur
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang mengembangkan pemahaman konsep melalui investigasi masalah yang bermakna dan dapat menghasilkan suatu produk. Model tersebut diteliti untuk dianalisis pengaruhnya terhadap berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada materi tumbuhan biji. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X disalah satu SMA Kota Bandung. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Analisis penelitian menggunakan t-test, N-Gain, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan berpikir kritis dibandingkan pembelajaran konvensional. Sikap ilmiah siswa terjadi peningkatan lebih tinggi, namun tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Sikap ilmiah menunjukkan hubungan yang rendah terhadap keterampilan berpikir kritis (r= 0,20).Kata Kunci:  Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kritis Sikap Ilmiah
PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI METODE P3 KELAS VII B SMP 19 SEMARANG Indriyati, Indriyati
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakP3 adalah kepanjangan dari Praktikum Pengamatan Plus. Kemampuan melakukan praktik dan hasil belajar peserta didik kelas VII B SMP Negeri 19 Semarang Tahun pelajaran 2015-2016 rendah. Rumusan masalah penelitian ini, bagaimana dan seberapa banyak penerapan metode praktikum pengamatan plus dapat meningkatkan kemampuan melakukan praktik dan hasil belajar kognitif IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII B. Penelitian terdiri dari dua siklus, siklus satu menggunakan metode praktikum pengamatan, siklus kedua menggunakan metode praktikum pengamatan plus. Metode Praktikum Pengamatan Plus adalah proses pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik untuk melakukan percobaan yang didominasi dengan kegiatan pengamatan pada objek secara langsung ke materi praktik sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan penambahan tugas untuk menunjang kemampuan melakukan praktik dan hasil belajar kognitif, sehingga hasil yang diperoleh lebih memuaskan. Kemampuan melakukan praktik meningkat dari prasiklus 72,84 menjadi 73,81 pada siklus I, 84,81 pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari prasiklus 52,62 menjadi 66,75 pada siklus I, 82,25 pada siklus II. Kata Kunci: Kemampuan Praktik, Hasil Belajar, Praktikum
FIQIH BERWAWASAN SPIRITUALISASI EKOLOGI (Kajian Materi Fiqih Ekologi) Kalim, Abd
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakSpiritualitas Ekologi merupakan manifestasi sikap hubungan spiritual antara manusia dan lingkungan yang menggabungkan kesadaran intuitif seseorang akan seluruh aspek kehidupan dengan pandangan-pandangan relasional terhadap apa yang ada di bumi. Pendidikan merupakan sarana untuk menumbuh kembangkan kesadaran akan kepedulian terhadap kondisi lingkungan, Kesadaran tersebut di tanamkan seiring dengan terjadinya krisis lingkungan dan degradasi alam akibat dominasi ekonomi dan teknologi dalam wujud pembelajaran. Dari hasil data, terungkap bahwa materi pembelajaran Fiqih berwawasan spiritualitas ekologi meliputi pembelajaran Fiqih lingkungan, adapaun fokus dalam tulisan ini adalah 1) Mengkaji materi Fiqih dalam kontek menanamkan pemahan dan kesadaran lingkungan. 2) Hubungan pembelajaran Fiqih dengan spiritualisasi ekologi. Hanya melalui pembelajaran Fiqih ekologi yang dapat menanamkan sikap spiritualitas ekologi sehingga dapat melakukan transfer nilai-nilai kesadaran lingkungan yang terdapat dalam Fiqih ekologi dalam wujud sikap kesadaran lingkungan yang ditopang dengan spiritualitas agama sehingga memkanai kesadaran lingkungan dalam wujud ibadah.Kata Kunci: Fiqih Ekologi, Spritulittas Ekologi, Kesadaran Lingkungan
Pengaruh Pencahayaan Berselang Dan Dua Jenis Alas Kandang Terhadap Persentase Lemak Abdominal Ayam Kampung Dengan Sistem Intensif Asyhari, Andi
GENETIKA Vol 1, No 1 (2017): Genetika
Publisher : Tadris Biologi IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengkaji interaksi pencahayaan berselang dan dua jenis alas kandang terhadap persentase lemak abdominal ayam kampung, 2) untuk mengkaji pengaruh pencahayaan berselang terhadap persentase lemak abdominal ayam kampung 3) untuk mengkaji pengaruh penggunaan dua jenis alas kandang (alas litter dan alas renggang) terhadap persentase lemak abdominal ayam kampung. Penelitian ini ini menggunakan Split Blok dengan 8 perlakuan dengan 4 kali ulangan. Parameter yang diukur adalah persentase lemak abdominal ayam kampung fase grower. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis ragam (ANNAVA). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh interaksi pencahayaan berselang dan dua jenis alas kandang terhadap persentase lemak abdominal. Tidak ada pengaruh penggunaan pencahayaan berselang terhadap persentase lemak abdominal. Ada pengaruh penggunaan dua jenis alas kandang terhadap persentase lemak abdominal

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2017 2017