Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang mengembangkan pemahaman konsep melalui investigasi masalah yang bermakna dan dapat menghasilkan suatu produk. Model tersebut diteliti untuk dianalisis pengaruhnya terhadap berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada materi tumbuhan biji. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X disalah satu SMA Kota Bandung. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Analisis penelitian menggunakan t-test, N-Gain, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan berpikir kritis dibandingkan pembelajaran konvensional. Sikap ilmiah siswa terjadi peningkatan lebih tinggi, namun tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Sikap ilmiah menunjukkan hubungan yang rendah terhadap keterampilan berpikir kritis (r= 0,20).Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kritis Sikap Ilmiah
Copyrights © 2017