GENETIKA
Vol 1, No 1 (2017): Genetika

PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI METODE P3 KELAS VII B SMP 19 SEMARANG

Indriyati Indriyati (SMP Negeri 19 semarang)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2018

Abstract

AbstrakP3 adalah kepanjangan dari Praktikum Pengamatan Plus. Kemampuan melakukan praktik dan hasil belajar peserta didik kelas VII B SMP Negeri 19 Semarang Tahun pelajaran 2015-2016 rendah. Rumusan masalah penelitian ini, bagaimana dan seberapa banyak penerapan metode praktikum pengamatan plus dapat meningkatkan kemampuan melakukan praktik dan hasil belajar kognitif IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII B. Penelitian terdiri dari dua siklus, siklus satu menggunakan metode praktikum pengamatan, siklus kedua menggunakan metode praktikum pengamatan plus. Metode Praktikum Pengamatan Plus adalah proses pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik untuk melakukan percobaan yang didominasi dengan kegiatan pengamatan pada objek secara langsung ke materi praktik sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan penambahan tugas untuk menunjang kemampuan melakukan praktik dan hasil belajar kognitif, sehingga hasil yang diperoleh lebih memuaskan. Kemampuan melakukan praktik meningkat dari prasiklus 72,84 menjadi 73,81 pada siklus I, 84,81 pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari prasiklus 52,62 menjadi 66,75 pada siklus I, 82,25 pada siklus II. Kata Kunci: Kemampuan Praktik, Hasil Belajar, Praktikum

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Genetika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

The focus of the Journal of Genetika is to provide the latest scientific articles based on research of biological education and biological sciences. It also receives conceptual analysis articles of book reviews and biology education ...