Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
Vol. 5 No. 2 (2017)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Megawati . (Unknown)
Prof. Dr. I Nyoman Kanca, MS . (Unknown)
Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd. . (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan the randomize pretest-posttest control group design. Populasi adalah semua kelas XI SMK TI Bali Global Singaraja yang terdiri dari tiga kelas, ketiga kelas tersebut di undi untuk menemukan sampel. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 23,63. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 12,66. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah p

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions Other

Description

the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Physical education sport and health Undiksha. The journal welcomes original ...