ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah
Vol. 2 No. 2 (2022)

PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI KETERAMPILAN HOTS SISWA SMP NEGERI SIAK

MULIAWARNI MULIAWARNI (SMP Negeri 2 Siak)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning melalui keterampilan HOTS (Higher Order Thinking Skill ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah yang akan dipecahkan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siak, hal ini disebabkan siswa bersifat pasif dan bosan dalam pembelajaran. Melalui model pembelajaran discovery learning ini diharapkan siswa dapat menemukan suatu konsep dari pembelajarannya dengan menerapkan keterampilan berfikir tingkat tinggi, logis, inovatif, aktif dan kreatif , dari keterampilan HOTS ini diharapkan siswa mampu memecahkan masalah pembelajaran dan mencari solusi pemecahan masalah serta mampu menemukan konsep dalam pembelajarannya Dari penelitian ini dapat menjadi solusi permasalahan rendahnya hasil belajar IPA me keterampilan HOTS. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan , yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus , pada siklus I tingkat ketuntasan siswa 65.63 % dan pada siklus II ketuntasan sudah mencapai 87.50 %. Selisih ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 21.87 % . Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan Discovery Learning melalui keterampilan HOTS dapat meningkatkan persentase ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Siak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

action

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Classroom and School Action ...