Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 12 No 2 (2022)

Pengembangan Video Animasi Pola Konfigurasi Objek Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Cindy Aprillya Sidarta (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana)
Tri Nova Hasti Yunianta (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 berdampak pada semakin banyaknya video pembelajaran yang diunggah di Youtube dengan konsep yang kurang tepat dan tidak memberikan stimulus kepada siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video animasi pola konfigurasi objek yang valid dan praktis dengan konsep yang benar serta memberikan stimulus yang tepat bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Jenis penelitian ini adalah Research and Develoment dengan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan adalah non-tes dengan instrumen penelitian berupa angket kevalidan, kepraktisan, dan respons siswa. Video animasi melalui uji coba terbatas dengan subjek 18 siswa SMP yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari kevalidan dan kepraktisan media berturut-turut menunjukkan perolehan persentase sebesar 87,45% dan 97,06% dengan kategori sangat baik serta hasil uji coba terbatas terhadap penggunaan video animasi pada sekelompok siswa memperoleh respons yang sangat positif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa video animasi pola konfigurasi objek layak dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...