Tujuan pada penelitian ini ialah agar memahami pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2021 berdasarkan 5 dimensi mutu pelayanan yakni bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), cepat tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), kepedulian (empathy). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain penelitian crossectional pendekatan survei analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar yang melakukan kunjungan rawat inap ruangan Asoka pada bulan Oktober Tahun 2020 – Bulan Maret Tahun 2021 sebanyak 161 pasien dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square dan uji fisher exact test diperoleh nilai ρ = 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya, ada pengaruh antara mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar
Copyrights © 2022