Penelitian eksperimen iniBbertujuan untuk mengetahuii Pengaruh Modell pembelajaran MMP t dengan strategiTTTW terhadap Keterampilan memecahkan masalah Matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seIuruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 WonomuIyo yang berjumIah 152 orang dan sampelnya adalah peserta didik kelas VII D yang berjumIah 30 orang dan kelas VII E yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, Lembar aktivitas peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. DariHhasil analisis statistik, diperoleh mean untuk preetest pada kelompok eksperimen yaituu55,21 dan kelompok kontrol yaitu 56,33. Sedangkangmean posttest pada kelompok eksperimen yaitu 85,77 dan kelompok kontrol 53,99. DilihatTdari activitas peserta didik diperolehhrata-rata persentase i94,15%. Hasill perhitungan uji t untuk dataaposttest diperoIeh dataanilai sebesar 11.751. Sedangkanguntuk nilai sebesar 1,671 yang artinya yaitu 11.751 >1,671. Dariihasil analisisi statistics deskriptif dan statistics inferensial disimpulkani bahwa dengan menggunakan model pembelajaran MMP dengan strategi TTW berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 4 Wonomulyo.
Copyrights © 2022