Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 1 (2021): Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

SIKAP SISWA TERHADAP FISIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 6 KOTA JAMBI

Mulya Rama Dini (Universitas Jambi)
Maison Maison (Universitas Jambi)
Darmaji Darmaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2021

Abstract

Sikap merupakan pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu. hasil belajar adalah pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMAN 6 Kota Jambi, untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMAN 6 Kota Jambi, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara sikap dan hasil belajar fisika di SMAN 6 Kota Jambi. Sampel penelitian yaitu 333 dari 333 siswa. Instrumen yang di gunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini seluruh kelas XI dan XII IPA di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan berupa hasil belajar dan angket sikap terhadap matapelajaran fisika, Kemudian dokumentasi sebagai data penunjang ketika siswa mengisi angket. Secara statistik inferensial tidak terdapat hubungan sikap dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran fisika dengan nilai korelasi dikelas XI dan XII sebesar 0,018 dan 0,044 dengan nilai signifikansi 0,833 dan 0,549. Nilai korelasi tersebut tergolong tidak memiliki tingkat keeratan hubungan yang kuat . Dari hasil penelitian ini guru dapat meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagonal

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on education, teaching, and learning as well as related topics that has neither been ...