Jurnal Digit : Digital of Information Technology
Vol 12, No 1 (2022)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BEDASARKAN DIMENSI TERRA (TANGIBLE, EMPATHY, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, DAN ASSURANCE) PADA PD. BPR ASTANAJAPURA CABANG CIREBON SELATAN

Christine Agustina (Universitas Catur Insan Cendekia)
Sudadi Pranata (Universitas Catur Insan Cendekia)
Chandra Lukita (Universitas Catur Insan Cendekia)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

ABSTRAKPD. BPR Astanajapura Cabang Cirebon Selatan adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang per bbank an, yang berlokasi di Bukepin II Ruko Blok A No. 12 A Jl. Pangeran Cakrabuana Talun. Terjadi penurunan jumlah nasabah sejumlah 1.250 orang pada tahun 2019 dan 2020, pada tahun yang sama terjadi pula penurunan pada jumlah produk tabungan sejumlah 3.553.750.927. Hal ini lah yang mendasari peneliti tertarik melakukan penelitian pada PD. BPR Asstanajapura Cabang Cirebon Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kualitas Pelayanan (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance) pada Kepuasan Nasabah pada PD. BPR Astanajapura Cabang Cirebon Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, Uji Korelasi, dan Uji Koefisiensi Determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance berpengaruh secara simultan pada Kepuasan Nasabah dengan nilai Fhitung (59,160) > Ftabel (2,31).Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Tangible; Empathy; Reliability; Responsiveness; dan Assurance; Kepuasan Nasabah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DIGIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Digital Of information Technology (DIGIT) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon. Jurnal DIGIT di terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap bulan Mei dan November Jurnal DIGIT ...