Oeconomicus Journal of Economics
Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8

Strategi Pengembangan Fintech Syariah Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Indonesia

Maziyah Mazza Basya (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Rafi Setya Iqbal Pratama (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Muhammad Iqbal Surya Pratikto (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan Fintech syariah dalam menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitor lain. Peneliatian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang membahas teori atau mencari referensi yang relevan dengan topik yang di angkat. Peneliti ini menemukan bahwa dalam mengembangkan perusahaan fintech syariah di era disruptif saat ini, harus mempunyai model bisnis yang akan menjadi pondasi dasar dalam menjalankan bisnis berbasis teknologi. Model bisnis tersebut adalah model bisnis kanvas yang memiliki sembilan bagian bangunan, diantaranya: key partnership, key resources, key activities, value proposition, customer segment, customer relationship, channels, cost structure, revenue stream. Namun dalam syariah menambah satu bagian bangunan yaitu syariah compliance. Berdasarkan dari pengelohaan atas pembagian bangunan meemberikan hasil atas strategi pengembangan fintech syariah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

oje

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Oeconomicus Journal of Economics merupakan jurnal online yang bersifat open access. OJE sebagai ruang terbuka bagi debat dan diskusi tentang ilmu ekonomi dan ekonomi terapan. OJE merupakan ruang hidup bagi tumbuh dan berkembangnya cita-cita integrasi atau penyatuan ilmu-ilmu keislaman, ...