Jurnal Public Relations (J-PR)
Vol. 3 No. 1 (2022): April 2022

Strategi Branding Indonesia Melalui Festival Music We The Fest Untuk Milenial Di Media Sosial

Lidya Wati Evelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peran Event Organizer Ismaya Live pada festival We the Fest sebagai penggerak milenial guna menjadi agen promosi Indonesia melalui pertunjukan kolaborasi musik dari musisi nasional dan internasional. Penelitian ini juga mengkaji peran media sosial sebagai media promosi event untuk generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian etnografi virtual. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi online. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi dengan triangulasi sumber. Hasil yang dicapai yaitu event “We the Fest” mampu menjadi ajang promosi Indonesia di negara lain melalui media sosial terutama melalui Instagram. Event Festival We the Fest yang diselenggarakan selama tiga hari ini adalah event terbesar di Asia Tenggara dan menjadi ajang pertemuan antar millennias. Mereka secara suka rela mengeluarkan uang untuk membeli tiket yang termasuk relative mahal untuk ukuran uang saku orang muda, yaitu di atas Rp 1 juta per hari. Sebagai daya tarik event tersebut mengadakan kompetisi membuat poster dan memberi kesempatan musisi pendatang baru untuk tampil dengan cara mengirimkan lagu ke kompetisi submit your music. Temuan dalam penelitian ini media sosial berperan melalui konten kreatif, penggunaan hashtag #wethefest sebanyak 29,705 posts dan tingginya partisipasi melalui kehadiran pengunjung yang terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan minat dan opini pengunjung millennial terjadi interaksi dengan 29,4 K postingan yang menggunakan hashtag #wethefest pada Instagram (data per Maret 2022). Untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan sebagai event branding Indonesia, “We the Fest” selalu menampilkan berbagai tarian adat Indonesia dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kata kunci: Event Organizer, Festival Musik, Media Sosial, Milenial, Nation Branding

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Public Relations (J-PR) pertama kali publikasi tahun 2020 dengan nomor ISSN (Elektonik): 2774-7670 yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jurnal Public Relations (J-PR) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana ...