Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April)

Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Kewargaan Digital untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Di SMK Pembangunan Surabaya

sahamudin, Sahamudin (Unknown)
Bachri, Bachtiar S. (Unknown)
Arianto, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat modul pembelajaran terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa di SMK Pembangunan Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode Research & Development (R&D). Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini one group pre-test post-test design. Penelitian ini mengacu pada desain pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X multimedia di SMK Pembangunan Surabaya. Hasil dari penelitian yang diperoleh bahwa dengan modul pembelajaran yang telah dikembangkan dan diaplikasikan kepada siswa memberikan bukti perbeddan antara sebelum menggunakan modul dan setelah menggunakan modul pembelajaran. Dengan menggunakan modul pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar secara mandiri pada materi kewargaan digital. Selain itu dengan modul pembelajaran yang dipakai oleh siswa dalam kegiatan belajar mandiri dapat meningkatkan hasil belajar mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...