Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 2 No. 1 (2019)

Strategi Penanganan Event Pada Hotel The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali

Gusti Ayu Sukasari (Universitas Pendidikan Ganesha)
Putu Gede Parma (Universitas Pendidikan Ganesha)
A.A.N.Y.M. Mahardika (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Abstrak Penanganan event sangat penting dijaga kualitasnya karena hotel sebagai organizer adalah bagian dari kesuksesan acara yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas penanganan pada hotel The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. Sumber data yang diperoleh dengan mengadakan observasi dan wawancara langsung kepada narasumber yang menangani event secara langsung. Hasil penelitian dimasukkan secara deskriptif dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa dalam penanganan event sudah berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) hotel yang telah ditetapkan. Masalah yang sering timbul yaitu terdiri dari masalah terprediksi dan tidak bisa diprediksi. Masalah terprediksi dapat diantisipasi dengan mempelajari event yang akan berlangsung dari susunan acara yang sudah tersusun. Masalah yang tidak bisa diprediksi membutuhkan kebijaksanaan di lapangan sesuai masalah yang timbul. Oleh karena itu, komunikasi, koordinasi dan persiapan yang matang sangat diperlukan untuk bisa memberikan penanganan yang lebih maksimal sehingga acara yang terselenggara berjalan lancar dan sukses. Kata kunci: event, kualitas, manajemen event, dan penanganan Abstract In Hotel, the quality of event organizing is important to be maintained. This study aimed at exploring the quality to find out how the quality of handling event at the Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. The data were obtained through observation and face-to-face interview. The data were analyzed descriptively. The findings showed that the event organizing was based on Standard Operational Procedure (SOP). Some problems occured, some were predictable while others were unpredictable. The predicted problems were anticipated by studying the upcoming event carefully. The unpredicted problems required the operational officers’s wisdom and solutions. Communication, coordination, and well-preparation were needed to have the smooth and successful event organizing. Keywords: events, quality, management events, and handling

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...