Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 1 No. 2 (2018)

Kekuatan dan Kelemahan Obyek Wisata Vihara Banjar Dalam Upaya Mengembangkan Strategi Pemasaran

Kadek Dana Putra (Universias Pendidikan Ganesha)
Nyoman Dini Andiani (Universias Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Abstrak Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kekuatan dan kelemahanObyek Wisata Vihara Banjar Dalam Upaya Meningkatkan Strategi Pemasaran. Jenis penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developmentatau R&D). Penelitian ini melibatkan wisatawan yang berkunjung dan juga beberapa narasumber.Keseluruhan data yang ada diperoleh dengan melakukan metode wawancara yang mengggunakanpedoman wawancara dan metode observasi menggunakan pedoman observasi (Checklist). Datayang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari menganalisis data yangdiperoleh menunjukan bahwa kekuatan dari Obyek Wisata Vihara Banjar yaitu Obyek Wisata ViharaBanjar memiliki produk yang dapat ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung sepertipemandangan alam, tarian tradisional dan juga meditasi. Selain itu Obyek Wisata Vihara Banjarmenyediakan akomodasi berupa kamar dan juga makanan secara gratis, tidak menargetkan berapabiaya yang harus dikeluarkan pengunjung untuk berkunjung obyek wisata ini dan dengan fasilitaspenunjang seperti kios cinderamata, dan restoran akan sangat bermanfaat bagi wisatawan saatberkunjung sedangkan kelemahannya yaitu aksesibilitas menuju Obyek Wisata Vihara Banjar kurangmemadai sehingga menyebabkan transportasi yang dapat melalui jalan ini terbatas untuk itu perluperbaikan yang lebih maksimal. Selain itu kondisi fasilitas toilet umum di Vihara Banjar cukupmemprihatinkan dilihat dari segi kebersihan dan perawatan sehinggga perlu diberikan perawatanyang lebih baik. Ditambah lagi dengan kurangnya promosi karena sejauh ini hanya promosi melaluiwebsite untuk itu perlu juga dipromosikan melalui media cetak yaitu dibuatkan brosur dan jugamengadakan kerjasama dengan pihak Travel Agent agar Obyek Wisata Vihara Banjar lebih dikenalmasyarakat luas.Kata-kata kunci: pariwisata, kekuatan dan kelemahan Obyek Wisata Vihara Banjar, pengembanganstrategi pemasaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...