Abstrak Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kekuatan dan kelemahanObyek Wisata Vihara Banjar Dalam Upaya Meningkatkan Strategi Pemasaran. Jenis penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developmentatau R&D). Penelitian ini melibatkan wisatawan yang berkunjung dan juga beberapa narasumber.Keseluruhan data yang ada diperoleh dengan melakukan metode wawancara yang mengggunakanpedoman wawancara dan metode observasi menggunakan pedoman observasi (Checklist). Datayang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari menganalisis data yangdiperoleh menunjukan bahwa kekuatan dari Obyek Wisata Vihara Banjar yaitu Obyek Wisata ViharaBanjar memiliki produk yang dapat ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung sepertipemandangan alam, tarian tradisional dan juga meditasi. Selain itu Obyek Wisata Vihara Banjarmenyediakan akomodasi berupa kamar dan juga makanan secara gratis, tidak menargetkan berapabiaya yang harus dikeluarkan pengunjung untuk berkunjung obyek wisata ini dan dengan fasilitaspenunjang seperti kios cinderamata, dan restoran akan sangat bermanfaat bagi wisatawan saatberkunjung sedangkan kelemahannya yaitu aksesibilitas menuju Obyek Wisata Vihara Banjar kurangmemadai sehingga menyebabkan transportasi yang dapat melalui jalan ini terbatas untuk itu perluperbaikan yang lebih maksimal. Selain itu kondisi fasilitas toilet umum di Vihara Banjar cukupmemprihatinkan dilihat dari segi kebersihan dan perawatan sehinggga perlu diberikan perawatanyang lebih baik. Ditambah lagi dengan kurangnya promosi karena sejauh ini hanya promosi melaluiwebsite untuk itu perlu juga dipromosikan melalui media cetak yaitu dibuatkan brosur dan jugamengadakan kerjasama dengan pihak Travel Agent agar Obyek Wisata Vihara Banjar lebih dikenalmasyarakat luas.Kata-kata kunci: pariwisata, kekuatan dan kelemahan Obyek Wisata Vihara Banjar, pengembanganstrategi pemasaran.
Copyrights © 2018