Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2019): April

Meningkatkan Perilaku Prososial melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Permainan (Games) pada Anak Asrama Sion Salatiga

Lilis Yuliani (Bimbingan dan Konseling, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)
Yari Dwikurnaningsih (Bimbingan dan Konseling, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)
Setyorini . (Bimbingan dan Konseling, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan perilaku prososial melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan (games) pada anak Asrama Sion Salatiga. Subjek penelitian adalah 11 anak yang mempunyai perilaku prososial rendah dan sangat rendah. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yang diambil secara random dan masuk dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Yang masing-masing kelompok terdiri dari 6 anak masuk dalam kelompok eksperimen dan 5 anak masuk dalam kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku prososial yang diadaptasi oleh (Dayakisni. 2009), berdasarkan teori Einsberg & Mussen. Analisis data untuk menguji perbedaan perilaku prososial menggunakan analisis Mann Whitney. Dari hasil analisis data setelah post test, diperoleh p = 0,035 < 0,050 dengan hasil mean rank post test kelompok eksperimen sebesar 7,92 dan mean rank post test kelompok kontrol sebesar 3,70. Selisih mean rank post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebesar 4,22. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok secara signifikan dapat meningkatkan perilaku prososial anak asrama Sion Salatiga. Kata Kunci: Perilaku Prososial, Bimbingan Kelompok, Permainan (games)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...