Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2019): April

Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V Semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018

I Gusti Made Pandita Utama (Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I Ketut Dibia (Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
Tanggu Renda (Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model Talking Stick dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak dengan jumlah total 126 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 3 Tukadsumaga sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 1 Tukadsumaga sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif hasil belajar PKn. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent sample t-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan model Talking Stick dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Besarnya adalah 3,048, sedangkan  pada taraf signifikasi 5% dan db = 42 adalah 2,021. Hal ini berarti . Adapun rata-rata skor hasil belajar PKn siswa yang belajar dengan model Talking Stick (23,08) lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (19,26). Dengan demikian, model model Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V Semester II di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018 Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar PKn

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...