Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2019): Juli

Pengaruh Model Pembelajaran Consept Sentence Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia

Ni Wyn Serra Yuni Ari Cahyani (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
Ni Nyoman Ganing (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I Ketut Adnyana Putra (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Gugus Patimura Denpasar Selatan yang terdiri dari 306 siswa. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 72 orang siswa, 36 orang siswa kelas IIa SD Negeri 11 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 36 orang siswa kelas II SD Negeri 18 Sesetan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data keterampilan menulis permulaan dilakukan dengan metode tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh  = 3,659  >  = 2,000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata keterampilan menulis permulaan pada kelompok eksperimen yaitu =84,183 dan rata-rata keterampilan menulis permulaan kelompok kontrol yaitu =75,208. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Gugus Patimura Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan hasil kajian yang lebih luas dan memperdalam teori mengenai model pembelajaran consept sentence berbantuan media audio visual.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...