Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2020): Juli

Penggunaan Teknik Think Pair Share dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ketut Rosita Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Ketut Dharsana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VA SD, setelah mendapatkan perlakuan berupa teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson sudy dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Trials (RCTs). Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD. Pemilihan siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara random sehingga masing-masing kelompok baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mendapatkan siswa sebanyak 13 orang. Data hasil belajr tematik siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk tes pilihan ganda yang berjumla 30 butir soal. Analisis data menggunakan uji-t dengan rumus Levenes Test. Rata-rata hasil belajar tematik siswa pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study lebih besar dibandingkan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (22,85>18,62). Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan SPSS 22.00 pada tabel keputusan pada nilai Sig (2-tailed) di peroleh nilai 0,009 yang artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar tematik antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VA di SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...