Masih rendahnya keterampilan pemecahan masalah di kalangan siswa SMK. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah melalukan inovasi dalam bahan ajar yang akan diberikan ke siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Berbasis masalah pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika untuk siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang valid, praktis, efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis siswa. Tahap design dilakukan perancangan terhadap buku pembelajaran. Tahap development dilakukan uji validitas melalui lembar validasi buku pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi, angket respon guru dan siswa, uji efektivitas diperoleh dari penilaian hasil belajar. Tahap dessiminate dilakukan penyebaran buku. Buku berbasis masalah termasuk kategori valid ditinjau dari aspek didaktik, konstruk, dan teknis. Buku siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis masalah termasuk kategori praktis ditinjau dari aspek penggunaan, penyajian, dan waktu. Buku siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis masalah termasuk kategori sangat efektif ditinjau dari aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian Buku Berbasis masalah dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMK.
Copyrights © 2021