Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2021): Juli

Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi

Ni Putu Linda Krisna Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Astawan (Unknown)
I Made Suarjana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Masih banyak guru yang belum mampu menciptakan perangat pembelajaran yang inovatif sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Pendekatan dan model pembelajaran yang kurang inovatif akan membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perangkat pembelajaran RPP Berpendekatan STEAM-PjBL. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 2 praktisi, 4 siswa uji coba perorangan serta 7 siswa uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data penelitian yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh para ahli rata-rata mendapatkan nilai 3,8 sehingga berada pada kategori sangat baik. Hasil penilaian uji coba produk mendapatkan nilai 3,73 sehingga berada pada kategori sangat baik. Jadi perangkat pembelajaran RPP dan LKPD Berpendekatan STEAM-PjBL mendapatkan kualifikasi sangat baik dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran dan produk yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa dalam belajar serta dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam belajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...