Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak menggunakan bahan ajar yang bervariasi dan tidak menarik perhatian siswa, guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar yang dibuat di kelas X TKJ SMK N 1 Kinali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan plomp, subjek tes validasi lembar kerja siswa, tiga ahli materi untuk tes validasi materi, tiga guru dan 35 siswa untuk tes kepraktisan pada lembar kerja siswa . Hasil pengembangan penelitian lembar kerja siswa oleh validator adalah sebesar 0,680 sehingga dinyatakan valid, validator ahli materi adalah 0,8750 sehingga dinyatakan valid. Penilaian kepraktisan satu guru mata pelajaran adalah 80,19% sehingga dinyatakan praktis, sedangkan hasil kepraktisan siswa adalah 84,73% sehingga dinyatakan sangat praktis. Kesimpulannya didasarkan pada penilaian bersama dengan masukan dari para ahli dan hasil uji lapangan dari lembar kerja siswa yang telah diuji layak, unggul dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK N 1 Kinali.
Copyrights © 2021