Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Blended Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini: Implementasi dan Tantangannya

Farida Mayar (Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Negeri Padang)
Desmila Desmila (Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Negeri Padang)
Nurhamidah Nurhamidah (Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Negeri Padang)
Rika Rahmawati (Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Negeri Padang)
Umi Uzlah (Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
16 May 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan sekolah perlu memilih metode pembelajaran yang sesuai. Salah satu metode yang dapat memfasilitasi siswa adalah blended learning. Penggunaan metode tersebut di satuan PAUD masih sangat minim pembahasannya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran implementasi dan tantangan metode blended learning  untuk anak usia dini menggunakan metode kualitatif fenomenologis. Enam guru PAUD di Yogyakarta menjadi partisipan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat lima tema yang menjadi fokus utama dalam implementasi metode blended learning. Aspek keterlibatan tersebut adalah : pemahaman guru terhadap metode blended learning, persiapan blended learning, respon dan pemahaman anak ketika blended learning, faktor yang mempengaruhi keberhasilan blended learning, kesesuaian metode blended learning untuk PAUD. Implikasi hasil penelitian dibahas lebih lanjut dalam artikel

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...