Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 3 No. 1 (2022): Maret

Konsepsi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Saintific Learning

Saniri (STIT Raden Santri Gersik)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Artikel ini membahas tentang konsepsi pembelajaran dengan pendekatan saintif learning. pada umumnya yang dapat dijumpai di sekolah menunjukkan bahwa sebagian besar materi pelajaran khususnya pada materi agama diberikan secara klasikal tanpa banyak melihat kemungkinan penerapan model lain yang sesuai dengan jenis materi, bahan dan alat yang tersedia, akibatnya siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran, dan siswa merasa bosan serta tidak tertarik sehingga tidak ada motivasi dari dalam dirinya untuk berusaha memahami apa yang diajarkan oleh guru, dan pada akhirnya proses belajar mengajar menjadi tidak efektif. Dalam pembelajaran dengan pendekatan saintific learning, menggunakan beberapa model pembelajaran seperti Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), dan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).. Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sanitific Learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...