Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 4: Al Qalam (Juli 2022)

Pengembangan Media Articulate Storyline Untuk Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa Kelas VI SD

Alam Gymnastiar (Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia)
Nadia Nur A’fiani (Unknown)
Nabil Bagir Ramadhan (Unknown)
Ani Nur Aeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

Permasalahan yang ada di sekolah menjadi pendorong penelitian kami. Masalah ditemukan melalui observasi dan analisis materi pembelajaran dalam bidang pendidikan. Selama proses pembelajaran didukung oleh sarana dan prasarana pendukung yang memadai, salah satu faktor terpenting dalam menjamin keberhasilan adalah pemanfaatan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti membuat Articuate Storyline, sebuah platform media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membentuk akhlak terpuji siswa kelas VI SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (D&D) dengan tiga unsur yang utama yaitu desain, pengembangan dan evaluasi. Model pengembangan produk yang kami gunakan dalam penelitian ini mencakup perencanaan, produksi, dan evaluasi (PPE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa di Sekolah Dasar. Respon yang diberikan guru memiliki nilai rata-rata 87,5, dengan presentase 87,5%  yang masuk ke dalam kriteria sangat baik. Respon yang diberikan siswa memiliki nilai rata-rata 90, dengan presentase 90%  yang masuk ke dalam kriteria sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...