Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 10, Nomor 1, Januari 2022

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII-9 SMP NEGERI 1 BAUBAU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (SEMESTER GENAP) MELALUI MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI EKOSISTEM

Abdul Rahman (SMP Negeri 1 Baubau)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui sejauhmana keberhasilan penggunaan media ular tangga pada materi ekosistem dan secara khusus dapat mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII-9 SMP Negeri 1 Baubau pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Baubau pada kelas VII-9 dengan siswa yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa lemba observasi, kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil persentase penelitian mengenai aktivitas siswa dalam pembelajaran berdasarkan: 1) memperhatikan penjelasan guru; 2) belajar dalam kelompok; 3) menulis yang relevan dalam pembelajaran; 4) berdiskusi dalam kelompok; 5) berdiskusi antara kelompok; 6) menyampaikan gagasan; 7) merangkum materi pelajaran; dan 8) perilaku yang tidak relevan pada siklus I (26,4. 13,4. 16,8. 15,3. 9,9. 7,4. 6,1. dan 2,8) terjadi peningkatan pada siklus II (27,3. 13,9. 17,3. 16,1. 10,5. 7,6. 6,3. dan 1,5). Hasil motivasi belajar siswa dengan menggunakan media ular tangga pada siklus I sebesar 3,25 (kategori cukup) yang meningkat pada siklus II menjadi 3,65 (kategori baik). Hasil belajar siswa tentang pemahaman dan penguasaan konsep pada siklus I mencapai 69,3% siswa tuntas dan 30,7% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,0% siswa tuntas dan 20,0% siswa tidak tuntas. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka media ular tangga pada materi ekosistem dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas VII-9 SMP Negeri 1 Baubau.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...