Pembelajaran terbentuk karena adanya proses interaksi langsung antara pendidik dengan peserta didik, yang ditunjang oleh sumber dan media pembelajaran. Sering ditemukan berbagai kendala pada pembelajaran fisika, seperti siswa kurang tertarik saat guru menyampaikan materi di kelas. Sehingga Whiteboard Animation berbasis Sparkol Videoscribe dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang tepat dan baik untuk dikembangkan. Dari latar belakang dan permasalahan tersebut, diperoleh tujuan penelitian yaitu mengetahui validitas (media dan materi), keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran Whiteboard Animation berbasis Sparkol Videoscribe. Serta mengetahui motivasi belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran Whiteboard Animation berbasis Sparkol Videoscribe. Metode pengembangan media ini termasuk pengembangan 4D dengan 4 tahapan utama, yaitu define, design, develop,dan disseminate. Hasil penelitian diperoleh data bahwa presentase validitas media mencapai 81,67% dengan kategori penilaian sangat valid, validasi materi mencapai 81,5% dengan kategori penilaian sangat valid, keefektifan media mencapai 81% dengan kategori penilaian sangat efektif, kepaktisan media mencapai 86% dengan kategori penilaian sangat praktis, dan motivasi belajar siswa sebesar 81,14% dengan kategori penilaian sangat baik.
Copyrights © 2022