Penurunan kebiasaan belajar dari tahun ke tahun yang menghantarkan seseorang kepada kegagalan akademik. Kebiasaan belajar merupakan faktor penentuan keberhasilan belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perilaku kebiasaan belajar siswa adalah dengan memberikan perlakuan teknik cognitive restructuring setting kelompok untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah 16 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompokĀ pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen nontes, yaitu kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik cognitive restructuring setting kelompok untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa. TemuanĀ penelitian ini yakni: (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku kebiasaan belajar kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan teknik cognitive restructuring setting kelompok, (2) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku kebiasaan belajar kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok tentang perilaku kebiasaan belajar tanpa perlakuan khusus, (3) Adanya perbedaan perilaku kebiasaan belajar siswa kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan teknik cognitive restructuring setting kelompok dengan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok tentang perilaku kebiasaan belajar tanpa perlakuan khusus, hal ini terlihat pada skor rata-rata postest kelompok eksperimen naik lebih tinggi dari pada skor rata-rata posttest kelompok kontrol
Copyrights © 2022