EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar

A.R. Supriatna (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Rosinar Siregar (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Hana Diva Nurrahma (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar ketika pembelajaran daring yaitu siswa merasa kesulitan untuk memahami materi dan menentukan pemecahan masalah. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran matematika pada website Liveworksheets di Sekolah Dasar yang valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan mengunakan model 4-D. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran matematika pada website Liveworksheets di Sekolah Dasar valid dan sangat layak untuk digunakan.oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis terhadap instrumen validasi ahli media yaitu 100% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba terbatas sebesar 92.375% dengan kriteria sangat baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...