Perkembangan teknologi karena era revolusi industri 4.0 memberikan pengaruh yang besar bagi pendidikan. Pembelajaran yang mengimplementasikan teknologi sebagaimana perkembangan era tersebut adalah e-learning. Hasil observasi menunjukkan beberapa dosen sudah menerapkan e-learning dan mahasiswa belum terbiasa e-learning. Hasil wawancara menunjukkan mahasiswa merasa e-learning lebih efektif dalam belajar dan dosen merasa e-learning membuat pembelajaran menjadi lebih efisien dan fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan e-learning melalui tematik dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Kebaharuan dari penelitian ini adalah perpaduan dari e-learning dengan tematik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, menggunakan pretes & postes control group desain. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi universitas muhammadiyah malang yang mengikuti perkuliahan strategi pembelajaran. Semua kelas (A, B, C, dan D) dilakukan e-learning. Kelas eksperimen (kelas A dan C) menggunakan pembelajaran tematik, sedangkan kelas kontrol (kelas B dan D) tidak menggunakan pembelajaran tematik. Instrumen penelitian menggunakan soal pretes postes dan rubrik penilaian tugas mahasiswa. Analisis data pengetahuan menggunakan ankova, sedangkan data keterampilan menggunakan anava. Hasil uji one-way ANCOVA menunjukkan terdapat perbedaan signifikan [F(4,101) = 1,106, p = 0,040, np2 = 0.050], karena p = 0,040 < 0,050, sehingga dapat dikatakan e-learning melalui tematik dapat meningkatkan pengetahuan mahasiwa. Hasil analisis One-way ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan signifikan [F(4,113) = 6,106, p < 0,001, np2 = 0,144], karena p = 0,001 < 0,050, sehingga dapat dikatakan e-learning melalui tematik dapat meningkatkan keterampilan mahasiwa.
Copyrights © 2022