EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pembelajaran E-learning melalui Tematik untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa

Lise Chamisijatin (Universitas Muhammadiyah Malang)
Fendy Hardian Permana (Universitas Muhammadiyah Malang)
Iin Hindun (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
21 May 2022

Abstract

Perkembangan teknologi karena era revolusi industri 4.0 memberikan pengaruh yang besar bagi pendidikan. Pembelajaran yang mengimplementasikan teknologi sebagaimana perkembangan era tersebut adalah e-learning. Hasil observasi menunjukkan beberapa dosen sudah menerapkan e-learning dan mahasiswa belum terbiasa e-learning. Hasil wawancara menunjukkan mahasiswa merasa e-learning lebih efektif dalam belajar dan dosen merasa e-learning membuat pembelajaran menjadi lebih efisien dan fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan e-learning melalui tematik dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Kebaharuan dari penelitian ini adalah perpaduan dari e-learning dengan tematik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, menggunakan pretes & postes control group desain. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi universitas muhammadiyah malang yang mengikuti perkuliahan strategi pembelajaran. Semua kelas (A, B, C, dan D) dilakukan e-learning. Kelas eksperimen (kelas A dan C) menggunakan pembelajaran tematik, sedangkan kelas kontrol (kelas B dan D) tidak menggunakan pembelajaran tematik. Instrumen penelitian menggunakan soal pretes postes dan rubrik penilaian tugas mahasiswa. Analisis data pengetahuan menggunakan ankova, sedangkan data keterampilan menggunakan anava. Hasil uji one-way ANCOVA menunjukkan terdapat perbedaan signifikan [F(4,101) = 1,106, p = 0,040, np2 = 0.050], karena p = 0,040 < 0,050, sehingga dapat dikatakan e-learning melalui tematik dapat meningkatkan pengetahuan mahasiwa. Hasil analisis One-way ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan signifikan [F(4,113) = 6,106, p < 0,001, np2 = 0,144], karena p = 0,001 < 0,050, sehingga dapat dikatakan e-learning melalui tematik dapat meningkatkan keterampilan mahasiwa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...