EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Deskripsi Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bioteknologi Melalui Tes Diagnostik

Novelina Andriani Zega (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi melalui tes diagnostik pada 12 indikator Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, sampel populasi program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nias terdiri dari 2 kelas (kelas A dan B) dengan jumlah sampel 64 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah instrumen tes pilihan ganda; pengolahan datanya menggunakan teknik persentase kesulitan indikator untuk materi kuliah Bioteknologi. Ditinjau dari indikator kesukaran belajar mahasiswa terdapat pada indikator Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), meliputi outline, overview, dan learning content 38%, bioteknologi konvensional 36%, selectif breeding 40%, pembuatan antibiotik 44%, fermentasi 41%, bioproses 41%, bioproduk 29%, konsep bioteknologi modern 32%, kloning 43%, teknik terapi gen 45%, rekayasa genetik 39%, bioetik 42%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...