Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi melalui tes diagnostik pada 12 indikator Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, sampel populasi program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nias terdiri dari 2 kelas (kelas A dan B) dengan jumlah sampel 64 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah instrumen tes pilihan ganda; pengolahan datanya menggunakan teknik persentase kesulitan indikator untuk materi kuliah Bioteknologi. Ditinjau dari indikator kesukaran belajar mahasiswa terdapat pada indikator Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), meliputi outline, overview, dan learning content 38%, bioteknologi konvensional 36%, selectif breeding 40%, pembuatan antibiotik 44%, fermentasi 41%, bioproses 41%, bioproduk 29%, konsep bioteknologi modern 32%, kloning 43%, teknik terapi gen 45%, rekayasa genetik 39%, bioetik 42%.
Copyrights © 2022